Subyek, Obyek, dan Korban Perubahan

Zaman terus berubah, hari berganti bulan, bulan berganti tahun, tahun berganti abad, fisik kita yang semasa muda segar bugar pun berubah menjadi rapuh dan sakit-sakitan dimakan usia. Perubahan adalah sebuah keniscayaan makhluk. Satu-satunya yang tidak berubah adalah Dzat Tuhan dan perubahan itu sendiri.

Tentang perubahan, Prof. Musa Asy'ari mengingatkan: "Tidak ada seorang pun yang kuasa menolak perubahan. Dalam perubahan itu, setiap orang bisa menjadi subyek perubahan, obyek perubahan atau korban perubahan. Subyek perubahan ketika seseorang memerankan dirinya dengan kreatifitas dan semangatnya menggerakkan perubahan. Obyek perubahan ketika seseorang kehilangan kreatifitas dan semangatnya, sehingga tak berdaya menghadapi perubahan. Menjadi korban atau dikorbankan ketika mengambil sisi negatif dari perubahan itu sendiri, karena dalam setiap perubahan selalu ada sisi positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Semua tergantung pada pilihan bebas yang dimiliki tiap individu, dan setiap pilihan adalah pertanggung jawaban. Jadi nikmati perubahan dengan kreatifitas, semangat dan moralitas."

Menjadi subyek perubahan adalah satu-satunya pilihan yang terbaik, dibandingkan dengan sekedar menjadi objek, apalagi korban perubahan.

Kita bisa berperan sebagai subyek perubahan sesuai dengan bidang dan kapasitas kita masing-masing dengan menghadirkan semangat dan kreatifitas dalam setiap peran yang kita jalankan. Tujuannya adalah perubahan ke arah yang lebih positif, lebih baik dari sebelumnya, sekecil apa pun itu.

Yang saat ini masih sekedar objek atau korban perubahan, yuk evaluasi diri kita. Pelajari apa yang selama ini masih kurang. Banyak belajar dari orang-orang hebat yang dengan semangat dan kreatifitasnya telah berhasil membawa perubahan dari sesuatu awalnya biasa menjadi luar biasa.

Mulailah perubahan itu dari diri sendiri, kemudian keluarga, teman, dan masyarakat. Menjadi subyek perubahan adalah bagian dari menjalankan tugas sebagai khalifah fil ard, tugas untuk menjadi sebaik-baiknya manusia yang mampu memberikan kemanfaatan bagi manusia lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel