Arti Komitmen dalam Pernikahan

Suatu hubungan bisa dikatakan baik jika di dalamnya ada komitmen. Apa itu komitmen? Secara singkat, komitmen dalam konteks ini bisa diartikan sebagai tali pengikat yang membuat masing-masing pihak merasakan adanya ikatan yang kuat di antara keduanya sehingga tak ada keinginan untuk berpisah. Dengan adanya komitmen, kita dan pasangan akan berjalan bersama menuju satu titik dan arah tujuan yang jelas.

Ketika kita telah berani membangun sebuah kesepakatan dengan seseorang, maka itu berarti kita telah membangun sebuah komitmen untuk merenda masa depan bersamanya. Menjaga komitmen tersebut merupakan sebuah keniscayaan buat kita dan dia. Sebesar apa pun badai melanda, kita harus berusaha menjaga dan mempeertahankannya dengan sekuat tenaga.

Masa depan memang tak pernah jelas. Tapi setidaknya, dengan sebuah komitmen yang kuat, gambaran tentang masa depan akan tampak semakin jelas; akan mengobarkan semangat diri untuk mewujudkannya. Komitmen sangat penting dalam sebuah hubungan. Ia ibarat peta yang menuntun kita berjalan menuju kepada satu tujuan yang akan kita lalui bersamanya. Dengan peta tersebut kita tidak akan kebingungan dalam menentukan arah perjalanan kita.

Memang perjalanan cinta tidak ada yang mudah. Penuh dengan onak duri dan kerikil-kerikil yang menghambat. Tapi, ketika komitmen telah kuat, semua itu akan menjadi tantangan yang dapat menguatkan kualitas cinta. Jarak dan waktu hanyalah penyulut api rindu tuk meraih puncak keindahan saat bertemu.

Komitmen itu mahal. Hanya dua insan yang benar-benar serius untuk bersama selamanya yang mau dan berani mengambilnya. Di dalam pernikahan, komitmen bisa disamakan dengan istilah mitsaaqan ghalidhza, yaitu sebuah perjanjian yang kokoh antara suami-istri, perjanjian yang mengikat mereka dalam suatu hubungan tanpa pamrih dan penuh dengan kerelaan di antara keduanya. Selama komitmen masih dipegang, sehebat apa pun badai kehidupan menerpa rumah tangganya, tak akan ada keinginan untuk memutuskan tali pernikahan.

Komitmen merupakan sebuah tanggungjawab setiap pasangan guna menjaga hubungan mereka terus berjalan dan tidak kandas di tengah jalan. Komitmen yang kuat akan berbuah pada adanya suatu kesadaran dalam diri setiap pasangan untuk menekan sikap egoismenya dan menerima kekurangan masing-masing.

Komitmen adalah kesediaan kita untuk menerima semua kekurangan pasangan kita dan rela untuk mengalah demi menjaga keutuhan sebuah hubungan. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa dalam setiap hubungan pasti terjadi konflik. Bila tak ada yang mau mengalah, maka keutuhan hubunganlah yang menjadi taruhannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...