Cara menyembuhkan luka hati untuk selamanya

Apa pun yang kamu lihat, rasa, dengar dan alami telah disimpan didalam benakmu. Bahkan hal-hal yang tak ingin kamu lihat dan dengar disimpan di latar belakang benak bawah sadarmu. Cobalah eksperimen kecil berikut ini: cobalah untuk sebisa mungkin tidak memikirkan seekor jerapah biru berbintik-bintik hitam. Jangan pikirkan seekor jerapah biri berbintik-bintik hitam. Cobalah dengan keras untuk tidak myemikirkan seekor jerapah biru berbintik-bintik hitam. Kamu akan tahu bahwa otakmu akan terus memunculkannya meski kamu tak ingin melihatnya. Dengan cara inilah pengalaman-pengalaman pahit dan tak menyenangkan terekam, meski kamu ingin melupakannya.


Pemrograman internal.

Segala sesuatu yang pernah terjadi padamu didalam kehidupan telah disimpan dan menjadi bagian dari pemorgramanmu. Sebagai akibatnya, kita berfungsi dengan auto-pilot yang otomatis, lebih daripada yang kita sadari. Beginilah terjadinya pola pikir dan perasaan-perasaan habitual.

Saat amarahmu terpicu, maka ini lebih disebabkan oleh pemrograman yang sudah ada dibanding apa yang dikatakan atau dilakukan oleh orang yang kamu anggap telah membuatmu marah. Yang perlu kamu ketahui adalah, kamu dapat mengendalikan emosi-emosimu dan meng-upgrade pemrogramanmu.

Coba pikirkan begini: bayangkan dirimu dikelilingi oleh white board berukuran raksasa. Pada white board itu terdapat semua yang pernah kamu alami, juga semua yang pernah kamu dengar dan terjadi padamu. Contohnya: hal-hal yang pernah terjadi padamu saat kamu duduk di bangku kelas 1 SD. Saat kamu berumur 9 tahun. Hal-hal yang pernah kamu lakukan dan membuatmu terluka. Orang yang pernah mengatakan bahwa dirimu tak cukup baik. Gadis yang menolakmu. Bocah yang pernah membuatmu patah hati. Saat kamu merasa malu. Saat kamu merasa tidak ada yang peduli pada perasaanmu. Kesalahan-kesalahan besar yang pernah kamu lakukan.

Ini hanyalah sebagian kecil dari contoh tentang alam bawah sadarmu dan yang membentuk pemrogramanmu.

Hilangkan omong kosong.

Satu-satunya cara untuk mengubah pemrogramanmu adalah masuk ke sana dan menghapus omong kosong – omong kosong yang ada di white board tadi. Ini tidak terjadi hanya dengan membicarakan kejadian-kejadian atau masalah-masalah tertentu. Dan ini juga tidak terjadi lewat mengatakan hal-hal ini berulang-ulang pada diri sendiri. “Jangan marah; jangan sedih; jangan kecewa; jangan frustrasi; jangan gelisah; jangan merasa bersalah; jangan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, dsb.”

Ini ada sebuah cara untuk menghapus dan membersihkan hal-hal yang tidak berguna untukmu: mulailah bicara pada tubuhmu dan dan katakan pada bagian tubuh yang berhubungan dengan emosi tertentu bahwa kamu mengasihinya. Beginilah caranya:

1. Carilah tempat yang tenang dimana kamu tidak akan mengalami gangguan selama 5 menit.

2. Pejamkan mata dan temukan bagian tubuh dimana kamu merasakan sesuatu. Misalnya kamu merasa takut, khawatir, tak layak, tak becus, tak berani menghadapi kehidupan. Iri. Dll. Apa saja. Ini hanya butuh waktu tak lebih dari 30 detik.

3. Katakan pada bagian tubuh itu, “Aku mengasihimu.”Rasakan dan katakan “Aku mengasihimu.” Lalu alami rasa syukur pada bagian tubuh itu. Lakukan itu selama 10 detik, lalu berpidah ke bagian-bagian tubuh lain dimana kamu merasakan sesuatu. Lakukan 10 detik untuk setiap bagian. Jika kamu merasa sesuatu di hati, jalinlah keterhubungan dengan hati di bagian dada, lalu letakkan telapak tanganmu di bagian itu untuk menguatkan rasa keterhubungan ini.

Rasakan dan katakan pada diri sendiri didalam hati atau dengan bersuara, “Aku mengasihimu dan bersyukur kepadamu.” “Terima kasih karena engkau ada dan untuk semua yang telah kau lakukan untukku.” Katakan pelan-pelan dengan penuh perasaan. Hayati. Begitulah caranya.

Lalu amati perubahan yang terjadi. Adakah perubahan? Apa rasanya jadi lain? Tidak ada salah benar dengan apa yang kamu rasakan dan alami. Semuanya baik dan oke. Lakukan hal serupa pada setiap bagian yang kamu merasa sesuatu. Amati manfaat yang kamu rasakan pada bagian tubuh itu. Cobalah pada celah perut, dahi, mata, dada (paru-paru), kepala, otak, dll. Mana saja.

Lakukan ini selama 5 menit. Dan selesai. Setelah selesai, amati bagaimana perubahannya. Apa kamu merasa lebih baik dan nyaman? Apa ketakutanmu berkurang atau hilang sepenuhnya? Apa kamu merasa layak? Apa kamu merasa bisa dan berani menghadapi kehidupan?     

Latihan ini sangat powerful efeknya. Lama-kelamaan luka-luka emosionalmu pun sembuh dan kamu akan menjalani kehidupan yang lebih tenang dan bahagia. Lebih berkembang potensi-potensimu dan menjadi dirimu yang terbaik.

Cobalah sendiri dan alami manfaatnya. Rasakan perbedaannya. Jadikan ini rutinitas harian. Sisihkan cuma 5-10 menit saja sehari atau beberapa kali dalam sehari, dan kamu akan mengalami manfaat besar. Nikmatilah..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel