7 Alasan Mengapa Punya Kepercayaan Diri itu Penting


Kepercayaan diri adalah modal sangat penting untuk menghadapi kehidupan. Setiap orang pasti pernah mengalami krisis kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, kamu harus membereskan akar masalah yang menyebabkan kamu kurang percaya diri. Orang yang percaya diri lebih mudah meraih kemajuan dalam mengembangkan potensinya. Mereka juga lebih damai dengan dirinya sendiri.

Yuk, kita simak mengapa kepercayaan diri itu sangat penting untukmu

Satu: percaya diri bisa membebaskan kamu dari rasa cemas dan takut berlebihan.

Orang yang punya percaya diri lebih mudah menepis suara-suara negatif didalam dirinya yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa. Tidak mampu. Atau takut gagal. Sebaliknya, orang yang kurang percaya diri biasanya cenderung fokus pada apa yang salah dan tidak beres. Ia mudah melihat kesalahan sebagai suatu kegagalan. Jika berlarut-larut, ini bisa mengarah pada timbulnya depresi.

Sebaliknya, orang yang percaya diri bisa belajar dari kesalahannya dan memperbaiki diri. Dari sini ia jadi lebih mengembangkan dirinya dan kemampuannya.

Dua: percaya diri membuatmu merasa lebih berharga.

Orang yang percaya diri biasanya lebih mengenal kemampuannya. Mereka juga lebih menghargai kemampuannya. Mereka tidak mudah goyah oleh sikap orang lain yang memandang sebelah mata atau mencemooh kemampuan mereka. Ini tentu saja ada baiknya, karena kita selalu menghadapi penilaian sosial dimana pun kita berada.

Orang yang percaya diri juga bisa menerima kelemahannya dan berusaha memperbaikinya.

Tiga: kamu jadi lebih tangguh.

Orang percaya diri tidak mudah menyerah saat menghadapi kegagalan. Mereka tidak dibuat lumpuh oleh kegagalan. Mereka percaya bahwa selalu bisa belajar dari kegagalan. Ini membuat mereka mau terus mencoba meski gagal berkali-kali. Mereka yakin bahwa ini mengarah pada pertumbuhan dan kegagalan adalah kesempatan untuk belajar. Maka, ini membuat mereka lebih tanggung.

Empat: kamu lebih berkembang dalam pergaulan.

Orang percaya diri biasanya lebih mau membaur dengan banyak orang. Mereka mengalami perkembangan kepribadian didalam pergaulan. Sedangkan orang yang kurang percaya diri biasanya lebih terkungkung dengan dirinya sendiri, alhasil mereka sulit untuk bisa menikmati interaksi dengan orang lain.

Selain itu, orang yang percaya diri biasanya tidak cenderung membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, sehingga mereka lebih santai dan ini membuat orang-orang disekitarnya nyaman. Interaksi lebih bisa berkembang dan semuanya memperoleh manfaat positif.

Lima: percaya diri membuatmu bisa menampilkan dirimu yang sebenar-benarnya.

Percaya diri membuat seseorang berfungsi secara lebih otentik dan apa adanya. Apa pun yang mereka katakan, lakukan dan perlihatkan adalah diri mereka yang sebenarnya. Selain itu orang yang percaya diri akan bertindak sesuai dengan prinsip yang mereka anut, sehingga mereka tak mau terlalu ambil pusing dengan orang-orang yang berusaha mengubah harga dirinya.

Enam: kamu lebih mudah bahagia.

Karena bangga dengan dirinya, orang yang percaya diri lebih mudah bahagia. Mereka lebih menerima diri mereka apa adanya dan merasa bangga dengan itu. Mereka tidak merasa perlu berubah karena perasaan insecure, namun mereka berubah karena memang ingin menjadi orang yang lebih baik, bukan karena takut dikritik. Ini membuat mereka merasa lebih aman dengan dirinya dan bisa menikmati hidup.

Tujuh: kamu akan meraih kesuksesan lebih besar.

Orang percaya diri biasanya percaya bahwa mereka bisa. Karena mereka percaya bahwa mereka bisa, mereka akan lebih terdorong untuk mengambil tindakan yang tentu saja berpengaruh pada kemungkinan mereka untuk berhasil. Ini menjadi semacam self fulfilling prophecy, dimana apa yang mereka yakini cenderung menjadi kenyataan.

Kesimpulan

Kepercayaan diri selalu bisa dikembangkan. Salah satu cara termudah adalah mensugesti dirimu didepan cermin, dengan mengatakan, “Saya berharga, saya pasti bisa.” “Saya layak untuk bahagia.” Dengan mengulang-ulang terus sugesti ini, maka lama-kelamaan alam bawah sadarmu mulai percaya dan semakin percaya. Lakukan saja secara teratur setiap kali bangun tidur dan menjelang tidur dimalam hari. Butuh proses, ketekunan dan kesabaran. Namun hasilnya sepadan dengan usahanya. Kepercayaan dirimu pasti bertumbuh.

Penulis: Boni Sindyarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...