8 Keunggulan Yang Cuma Dimiliki Orang Introvert

JANGAN DIREMEHKAN!! INI 8 KEUNGGULAN YANG CUMA DIMILIKI ORANG INTROVERT

Jika kamu merasa dirimu orang introvert, bergembiralah karena orang introvert punya banyak keunggulan yang tak dimiliki oleh orang ekstrovert. Didunia jaman kini, biasanya orang ekstrovert lebih dihargai. Mereka dianggap lebih dominan dan banyak bicara. Orang ekstrovert cenderung dianggap lebih superior dibanding orang-orang introvert. Namun tunggu dulu, ternyata orang introvert menyimpan banyak keunggulan dari orang ekstrovert. Apa saja kekuatan mereka? Temukan jawabannya dalam ulasan kali ini.

Satu: berpikir secara mendalam.

Seperti sudah diketahui, orang introvert lebih senang menyendiri dibanding orang ekstrovert. Saat sedang menyendiri, mereka banyak merenungkan tentang kehidupan. Mereka memikirkan kehidupan secara mendalam. Juga masalah-masalah mereka. Otak orang introvert berfungsi secara berbeda dengan orang ekstrovert. Mereka memproses informasi secara lebih mendalam. Salah satu fungsi yang lebih berkembang adalah untuk melakukan refleksi tentang kehidupan dan memikirkan berbagai skenario kehidupan tentang masa depan. Meski ini bisa membuat mereka khawatir tentang masa depan dan terus memikir-mikirkannya tak kunjung henti, ini bisa menjadi kekuatan mereka karena bisa memikirkan kehidupan seperti apa yang ingin mereka jalani kelak juga strategi-strategi untuk mencapainya.

Selain kemampuan berpikir secara mendalam, orang introvert biasanya juga seorang penulis yang hebat. Mereka senang menulis jurnal pribadi dan ini menjadi bagian dalam melakukan refleksi tentang kehidupan. Menulis jurnal bisa berguna untuk menemukan pemahaman tentang masa lalu dan makna kehidupan, serta pelajaran-pelajaran yang bisa dipetik darinya. Juga untuk merencanakan masa depan. Orang introvert hebat dalam perencanaan serta penyusunan langkah demi langkah. Memikirkan berbagai kemungkinan rintangan dan peluang. Mereka melihat berbagai hal yang banyak luput dari perhatian orang ekstrovert.

Dua: produktif dalam kesendirian.

Orang introvert memperoleh energi dalam kesendirian. Bukan ditengah banyak orang seperti orang ekstrovert. Orang introvert justru lebih produktif dalam kesendirian. Ini kesempatan bagimu untuk menghasilkan karya-karya kreatif dan bernilai seni. Seperti menulis. Juga membuat aplikasi komputer. Ini biasanya dilakukan dalam kesendirian. Bukan saat kamu sedang meeting ditengah orang banyak atau saat melakukan presentasi. Banyak penulis hebat adalah orang introvert.

Tiga: kreatif dalam ekspresi diri.

Banyak orang introvert hebat dalam hal seni. Mereka menemukan cara kreatif untuk mengekspresikan diri. Ini bagian dari mekanisme coping mereka. Kreativitas ini juga lahir dari pembawaan orang introvert yang cenderung menghindari percakapan-percakapan kosong dan orang banyak. Lahir sebagai bagian dari sejarah masa kecil. Pembawaan kepribadian. Semuanya yang mengarah pembentukan kepribadian introvert mereka.

Empat: observasi.

Orang introvert punya kemampuan observasi yang tinggi. Saat orang-orang ekstrovert lebih sibuk bicara dan heboh, orang introvert lebih banyak diam dan mengamati. Orang introvert mencatat didalam pikirannya semua yang dikatakan dan hanya bicara jika ada sesuatu yang cukup penting untuk dikatakan. Orang ekstrovert banyak menimba kesenangan karena merasa suara mereka didengar. Namun orang introvert yang mengamati juga punya keunggulan posisi karena ia tahu sesuatu namun tak banyak bicara.

Lima: atensi pada detail (teliti).

Orang introvert melihat detail yang luput dari pengamatan orang ekstrovert. Mereka melatih otak mereka untuk menganalisa, bahkan terlalu over juga bisa. Mereka melakukannya dalam kesendirian. Menganalisa masalah mereka, orang lain, situasi dan kejadian. Juga kehidupan. Banyak karya-karya besar dihasilkan karena perhatian besar diberikan pada detail. Seperti mahakarya seni lukisan dan literatur. Orang ekstrovert lebih sibuk bicara, maka mereka kurang memberi perhatian pada detail. Karena terbiasa berpikir detail, orang introvert bisa melihat berbagai kemungkinan dan skenario. Juga pengamatan pada kelebihan dan kelemahan tentang sesuatu.

Enam: relasi yang mendalam.

Orang introvert lebih mementingkan jumlah teman sedikit namun dengan relasi mendalam dibanding banyak teman namun hanya relasi dangkal. Orang introvert bisa menjadi keterhubungan perasaan yang mendalam. Mereka adalah pendengar yang baik dan punya kemampuan empati dan mengerti orang lain. Ini mengarah pada ikatan perasaan yang bertahan lama dan mendalam. Kemampuan mendengar yang baik membuat mereka bisa mengolah informasi yang cukup untuk mengerti orang lain serta penderitaan mereka. Juga menempatkan diri diposisi orang lain.

Tujuh: otonomi dan kemandirian.

Orang introvert yang senang menyendiri biasanya otonom dan mandiri. Mereka bisa berfungsi dengan baik sendirian. Beda dengan orang yang selalu membutuhkan partner agar bisa berfungsi dengan baik. Mereka bisa sendirian tanpa merasa kesepian. Malah bisa lebih produktif dalam otonomi dan kemandirian mereka. Senang dan nyaman bersama diri sendiri adalah suatu keunggulan yang tak selalu dimiliki semua orang. Jika kamu bisa nyaman dengan diri sendiri dalam kesendirian, kemungkinan lebih kecil orang menyalahgunakan kamu dalam relasi jika kamu dependen pada orang lain. Orang introvert lebih kecil kemungkinannya untuk diperbudak dalam relasi.

Delapan: leadership.

Meski tidak senang public speaking dan bicara didepan banyak orang. Orang introvert juga punya jiwa kepemimpinan, karena mereka mengolah sebelum bicara. Jadi apa yang mereka katakan selalu berbobot. Mereka mendengarkan kemudian mengolah sebelum memberi tanggapan. Pembawaan orang introvert yang tertata dan terorganisir serta terstuktur cocok untuk posisi kepemimpinan dan memimpin rapat.

Maka, jika kamu merasa dirimu orang introvert, janganlah merasa minder pada orang ekstrovert. Kamu punya banyak keunggulan yang mereka tidak punya. Kamu unik dan jangan membandingkan dirimu dengan orang ekstrovert. Tuhan menciptakan perbedaan agar kita saling melengkapi. Kita saling membutuhkan. Namun tetap sadari keunggulan dan kekuatan yang kamu miliki.

Dialihbahasakan & dikembangkan oleh Boni Sindyarta

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

Sumber: “8 Strengths of Introverts” – Einzelganger – YouTube Channel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...