Jalan keluar dari semua kesulitan hidup

Seringkali kita dihadapkan pada keadaan hidup yang sulit dan menghimpit. Terkadang kita terjebak dalam keadaan yang tidak pernah kita inginkan untuk terjadi. Baik dalam hal keuangan, keluarga, pendidikan, persahabatan, dan lain sebagainya.

Ketika kita berada dalam situasi hidup yang sulit, misalnya skripsi yang tak kunjung selesai, terkendala biaya kuliah, kesulitan mencari kerja setelah lulus kuliah, dan problem kehidupan lainnya, maka saat itulah kita butuh inspirasi dan motivasi yang bisa membuat kita mampu bertahan dalam situasi dilematis yang sedang kita alami, sekaligus, menghidupkan kembali semangat untuk meraih cita-cita hidup yang kita impikan.

Memang hal itu tidak mudah. Karena kita harus berani keluar dari zona nyaman yang masih melenakan anda selama ini. Kita harus berani menggali potensi dan peluang yang sedang menunggu di luar zona nyaman itu. Kita harus bisa menaklukkan ketakutan dan berani mengambil resiko atas keputusan untuk keluar dari zona nyaman itu. Kita harus tetap fokus dan tekun walaupun anda harus menghadapi banyak kesulitan.

Kesuksesan tidak datang dengan mudah. Ia membutuhkan perenungan, keinginan yang kuat, pemikiran yang matang, dan proses yang tidak instan. Salah satu faktor yang ikut menentukan kesuksesan anda adalah pengalaman. Sebagaimana pepatah jadul yang mengatakan bahwasannya “pengalaman adalah guru yang terbaik”. Entah itu pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain, merupakan pelajaran yang sangat berharga di mana anda tidak perlu membelinya.

Berusaha dengan sungguh-sungguh, berpikir secara cermat dan mendalam, dan berani berkorban untuk mencapai keinginan. Tidak perlu mencari kambing hitam dan merasa tidak berharga ketika menghadapi masalah atau kesulitan.

Belajar untuk mencintai dan mensyukuri bagaimanapun keadaan saat ini. Berusaha untuk selalu berpikir positif dan senantiasa berbaik sangka kepada Allah. Karena Dia sesuai dengan persangkaan hambanya. Jika hamba itu senantiasa berbaik sangka, maka Dia juga akan memberikan yang terbaik untuk hamba itu. Tetap bersemangat.

Cintailah guru, atasan, keluarga, sahabat, dan bahkan setiap orang belum kita kenal. Mungkin hal itu memang tidak mudah, tapi kalau mau berusaha, tidak ada yang tidak mungkin.


Kuncinya adalah asas keseimbangan. Bermimpilah dan ambil beberapa tindakan positif yang menggerakkan diri kita berjalan guna mencapai tujuan. Lakukanlah pelan-pelan dan secara tahap demi tahap. Jangan tergesa-gesa dan jangan gegabah. Untuk mendapatkan sesuatu yang baru, yang berharga, memang harus ada yang kita korbankan, entah itu tenaga, waktu, fikiran, bahkan korban perasaan.

Ketika kita merasa perjalanan menuju tercapainya tujuan anda lambat, tetaplah bersabar dan bersemangat. Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara instan. Jangan terlalu terburu-buru hingga kita lupa bagaimana menikmati hidup. Jaga keseimbangan waktu kerja dan waktu istirahat. Lakukan secara proporsional. Dan jangan lupa menyisihkan waktu untuk berdoa.

Suatu saat, kita mungkin akan sampai pada apa yang selalu kita dambakan. Namun ketika hari keberhasilan itu telah tercapai, tidak perlu pamer atau berniat balas dendam terhadap orang yang dulu meremehkan kita. Maafkan dan lupakan dia.

Tetaplah rendah hati. Tidak perlu mengkritik orang lain ketika melihat bahwa kita akan menjadi orang yang lebih sukses dari mereka. Namun, berusahalah untuk membantu mereka. Tanamkan aura positif ke dalam kepribadian mereka. Saat kita memberi, kita akan mendapatkan imbalan yang sama atau bahkan lebih dari apa yang dapat kita berikan. Sebagaimana rumus sedekah, if we give 1, we will get 10.

Mulailah perjalanan menuju kesuksesan dengan penuh semangat dan keberanian serta niat yang baik untuk membuat hidup kita dan orang-orang di sekitarmu menjadi lebih baik. Bertahanlah dan jalanilah semua itu dengan kegigihan, semangat, dan pikiran optimis. Ingatlah, kita tidak sendiri. Masih banyak orang yang keadaan hidupnya lebih sulit daripada kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...