Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu


Sepanjang perjalanan kehidupan manusia di muka bumi ini, masalah dan persoalan akan selalu ada. Setiap orang punya cara yang berbeda dalam merespon atau mengatasi setiap persoalan yang hadir dalam hidupnya. Hal ini dipengaruhi oleh yang namanya pola pikir atau mindset. Orang yang pikirannya positif, ucapan dan perbuatannya cenderung positif, pun pula sebaliknya. Mindset bagaikan kemudi yang menggerakkan laku lahiriah seseorang.

Berkaitan dengan hal ini, mari kita renungkan pesan dari Gus Muwafiq yang diposting di FP "Gus Muwafiq Channel" berikut ini:

Kamu adalah apa yang kamu pikiran. Jika manusia selalu berpandangan positif tentu yang ia lahirkan ialah perilaku baik, pun sebaliknya.

Orang yang memiliki pandangan hidup ke arah kebaikan sudah barang tentu dirinya dapat menyikapi persoalan hidup dengan bijak. Mendasarkan segala perbuatan itu memiliki nilai manfaat. Sama halnya dengan orang yang melihat kotoran ayam di masjid.

Tapi beda halnya orang yang berpandangan negatif. Hidupnya pesimis, suka mengeluh, selalu melihat segala persoalan dari sisi keburukan. Lebih suka marah daripada bersikap ramah, lebih suka menyulut perpecahan daripada mendamaikan. Seperti akhir-akhir ini ada orang sibuk menuding, menghujat, menyebar kebencian di sana sini.

Orang dengan pandangan negatif tidak percaya pada kekuatan dirinya karena tak mengenali dirinya sendiri dan celakanya juga tak mengenali Tuhannya yang menciptakan alam semesta termasuk dirinya.

Untuk itu mari kenalilah betul-betul diri kita sehingga akan mengenali Tuhan yang kita sembah (Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu). Mulai dari mengenal, mengerti, menghayati, meyakini baru kemudian mengabdi. Pengabdian merupakan perwujudan seseorang dalam menghamba (abdun).

Dengan mengabdi seseorang akan memainkan peran maksimal sebagai sosok (khalifah) yang selalu menyebar kebaikan dalam kehidupan, melahirkan kemanfaatan yang terwujud di masa hidup dan atau sesudah meninggal yaitu alam akhirat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...