Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Mengisi Liburan di Toko Buku

Ada banyak aktifitas unik dan bermanfaat untuk mengisi libur panjang atau liburan akhir pekan. Selain pergi ke tempat-tempat wisata, mengajak anak pergi ke toko buku saat liburan sangat berdampak positif dalam menumbuhkan minat baca anak.

Berbelanja buku di toko buku dapat mendorong dan mengembangkan minat baca anak. Sebaiknya, orang tua memberikan kebebasan pada anak untuk memilih satu atau beberapa buku cerita selama berbelanja.

Setelah buku dibeli, tugas orang tua selanjutnya adalah memotivasi anak untuk membaca buku yang dibelinya hingga selesai. Anak boleh membaca buku secara mandiri atau kalau memang mereka belum lancar membaca, orang tua bertugas mendampingi.

Setelah satu buku selesai dibaca, orang tua hendaknya mendiskusikan isi buku dengan anak. Hal ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan pola interaksi dan komunikasi intens antara anak dengan orang tua.

Menurut penelitian, pengembangkan minat baca pada anak dapat dilakukan sejak anak berusia 1-3 tahun. Di rentang usia ini, orang tua dapat merangsang kemampuan literasi dasar (baca tulis) anak dengan cara membacakan buku cerita anak bergambar dengan volume dan intonasi suara yang jelas dan pas dengan kalimat yang dibaca.

Anak-anak perlu distimulasi dengan memperkenalkan huruf, angka, dan cara melafalkannya pada mereka di usia 3-6 tahun. Di samping itu, merek juga perlu dikenalkan dengan alat-alat tulis seperti spidol dan pensil warna untuk mencoret-coret dan menggambar.

Ketika anak telah memasuki usia 6 tahun, saat yang tepat bagi orang tua untuk mengajari anak membaca dan menulis dengan mempertimbangkan kesiapannya. Salah satu tanda bahwa anak siap untuk belajar membaca adalah ketertarikannya pada buku, suka mendengarkan cerita, dan menguasai pengenalan abjad. (Jane Cindy)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...